Resiko Pekerjaan Staff Bandara
Resiko Pekerjaan Staff Bandara
Wed, 6 March 2024 8:20
Visit Bandara

Sebagai seorang staff di bandara, terdapat berbagai macam risiko pekerjaan yang perlu diperhatikan. Beberapa risiko tersebut termasuk:

  1. Kesehatan dan Keselamatan: Pekerja di bandara sering kali harus berhadapan dengan lingkungan yang berisiko tinggi seperti asap pesawat, bahan kimia, dan kondisi cuaca yang ekstrem. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit pernapasan atau cedera.
  2. Stres dan Tekanan: Lingkungan kerja yang sibuk dan kadang-kadang tekanan waktu yang ketat di bandara bisa menyebabkan tingkat stres yang tinggi bagi karyawan. Beberapa pekerjaan di bandara juga melibatkan tanggung jawab besar yang dapat meningkatkan tekanan kerja.
  3. Kecelakaan dan Cedera: Pekerja di bandara sering bekerja dengan peralatan dan kendaraan berat seperti pesawat terbang, truk pengangkut barang, dan tangga pengisian. Risiko kecelakaan dan cedera fisik bisa meningkat, terutama jika prosedur keselamatan tidak diikuti dengan ketat.
  4. Paparan Terhadap Bahan Berbahaya: Pekerja di bandara mungkin terpapar dengan bahan kimia berbahaya seperti bahan bakar pesawat, pelumas, dan bahan pembersih. Paparan berulang atau yang tidak terkendali terhadap bahan-bahan ini dapat berpotensi merusak kesehatan.
  5. Stabilitas Kerja: Industri penerbangan dapat sangat dipengaruhi oleh perubahan ekonomi, politik, atau perubahan dalam industri itu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan ketidakpastian pekerjaan dan risiko terkait kehilangan pekerjaan atau pemangkasan.
  6. Keterlibatan dalam Kejadian Darurat: Pekerja di bandara sering kali harus terlibat dalam menangani kejadian darurat seperti kecelakaan pesawat, ancaman keamanan, atau bencana alam. Tanggung jawab tersebut dapat meningkatkan risiko fisik dan mental.
  7. Stigma dan Ancaman Keamanan: Dalam beberapa situasi, pekerja di bandara dapat menjadi target bagi individu atau kelompok yang memiliki motif terorisme atau kriminal. Hal ini dapat meningkatkan risiko keamanan dan mengakibatkan tekanan psikologis.

Agar risiko-risiko tersebut dapat dikelola dengan baik, penting bagi perusahaan bandara untuk memberikan pelatihan keselamatan dan prosedur yang sesuai kepada karyawan, serta memastikan bahwa lingkungan kerja memenuhi standar keselamatan dan kesehatan yang ditetapkan. Selain itu, penting juga bagi pekerja untuk memahami risiko yang terlibat dalam pekerjaan mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri mereka sendiri.

Sataff Bandara, Staff Airlines

Komentar

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

Memahami Perbedaan Antara Pramugara dan Pramugari: Profesi dalam Layanan Penerbangan
Pramugara dan pramugari adalah dua profesi yang sering kali terlihat serupa, ...
Thu, 30 May 2024 | 8:12
Wawancara Mendalam dengan Staff Bandara
Di balik keriuhan terminal dan keberangkatan pesawat yang terus menerus, terd...
Sat, 25 May 2024 | 9:24
Panduan Lengkap untuk Penumpang Pesawat Pemula
Sebelum Perjalanan Rencanakan Perjalanan Anda Pilih Tujuan dan Tanggal: Ten...
Mon, 20 May 2024 | 8:22
Bahasa Apa Saja Yang Harus Dikuasai Seorang Staff Bandara
Seorang staff bandara harus mampu menguasai setidaknya bahasa-bahasa berikut:...
Wed, 15 May 2024 | 8:22